3 Manfaat Penting Membacakan Kisah Anak Sebelum Tidur


manfaat membacakan cerita anak sebelum tidur 3 Manfaat Penting Membacakan Dongeng Anak Sebelum Tidur

Dongeng anak sebelum tidur banyak sekali ya, Mak. Banyak buku cerita yang bisa kita bacakan sebelum bawah umur kita tidur. Mulai dari buku berbahasa Indonesia atau dua atau bahkan 3 bahasa. Biasanya dilengkapi dengan gambar berwarna yang menarik bahkan dengan bentuk 3 dimensi yang unik dan menarik bagi si kecil. Itulah sebabnya sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membacakan cerita untuk mereka sekalipun dengan alasan Anda tidak berilmu mendongeng. Buku cerita akan membantu Anda mengatasinya.

Ternyata ada 3 manfaat penting yang bisa didapatkan dari ritual membacakan cerita anak sebelum mereka tidur. Berikut diantaranya:

Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Berbahasa

Dengan membiasakan membacakan cerita untuk anak sebelum mereka tidur Anda membantu bawah umur untuk menguasai lebih banyak kosakata. Tentu dari cerita yang Anda bacakan kepada mereka. Itulah sebabnya jangan bosan saat anak menginterupsi untuk menanyakan arti dari suatu kata ata kalimat yang gres saja Anda bacakan dari sebuah dongeng. Di sana mereka sedang mencar ilmu berbahasa dengan mencar ilmu dan memasukan kosakata gres tersebut dalam ingatan mereka.

Semakin banyak cerita yang Anda bacakan dari hari ke hari akan menciptakan kosakata yang dimiliki anak bertambah setiap harinya. Ini tentu sangat berarti untuk membangun kecakapan mereka dalam berbahasa. Dengan mengetahui lebih banyak kosakata maka akan semakin gampang bagi mereka merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Hal ini akan membantu mereka juga untuk bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan atau pendapat mereka terhadap sesuatu.


Mengoptimalkan Perkembangan Otak Anak

Ketika Anda membacakan bawah umur sebuah cerita maka mereka diberi stimulus untuk membayangkan bagaimana contoh dan adegan dari isi cerita yang Anda bacakan. Mereka diajak untuk berimajinasi dengan cerita yang sedang dibaca. Ilustrasi yang ada pada buku cerita tersebut akan membantu bawah umur untuk membuatkan imajinasi mereka.

Ketika cerita tersebut dobaca berulang kali maka mereka akan semakin berilmu dalam memahami isi dari cerita tersebut. Hal ini tentu akan sangat membantu perkembangan otak mereka. Tentunya selain melatih mereka untuk mencar ilmu untuk fokus dengan mendengarkan dengan baik cerita yang sedang kita bacakan. Walaupun seringkali mereka tertidur sebelum cerita final dibacakan lantaran sudah terlalu lelah dengan acara mereka seharian.

Membuat Anda dan Buah Hati Semakin Dekat

Manfaat lain yang tak kalah penting dari membacakan cerita anak sebelum tidur yaitu kedekatan Anda dan buah hati yang semakin erat. Kedekatan yang tentunya tidak terbeli oleh apapun. Kedekatan yang akan sangat mempunyai kegunaan untuk Anda dalam mendidik mereka bahkan sampai mereka remaja. Masa-masa pencarian jati diri yang kerap kali menimbulkan konflik antara orang bau tanah dengan anak.

Dengan ritual rutin sebelum tidur ini maka akan ada keterikatan yang lebih akrab antara Anda sebagai orang bau tanah dengan buah hati Anda. Ini juga berlaku untuk para Ibu yang sehari-harinya bekerja di luar rumah. Menjadi satu quality time yang tentu sayang untuk dilewatkan setiap malamnya. Membuat anak Anda mencicipi kehadiran Anda menjelang tidur nyenyak dan mimpi indahnya.

Masih merasa tidak mempunyai cukup waktu untuk membacakan cerita anak sebelum tidur? Yuk, sempatkan membacakan bawah umur kita cerita sebelum tidur. Selain untuk mendapat aneka macam manfaat yang bisa didapatkan ritual ini juga bisa menjadi salah satu kegiatan rutin sehari-hari. Keteraturan yang disukai bawah umur lantaran menciptakan mereka lebih nyaman. Terutama untuk bawah umur yang masih Balita.***



Belum ada Komentar untuk "3 Manfaat Penting Membacakan Kisah Anak Sebelum Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel