Doa Untuk Kedua Orang Tua: Penting Untuk Diajarkan


Doa untuk kedua orang tua sudah tentu menjadi doa yang pertama kali Anda ajarkan pada belum dewasa tercinta, Mak. Sudah menjadi cita-cita semua orang renta supaya kelak belum dewasa mereka menjadi belum dewasa yang shaleh dan sholehah. Itulah sebabnya mereka harus diajari bagaimana cara yang baik dan benar untuk mendoakan Anda. Tidak hanya dikala Anda masih hidup tapi juga dikala Anda sudah meninggal. Salah satu harta bekerjsama yang kita miliki yang merupakan titipan dari Allah kepada kita yang dipercaya sebagai orang tua. Berikut beberapa doa yang sanggup Anda ajarkan.


 sudah tentu menjadi doa yang pertama kali Anda ajarkan pada anak Doa untuk Kedua Orang Tua: Penting untuk Diajarkan

Bunyi Doa untuk Kedua Orang Tua 1

Rabbigh-firllli wa liwaa lidayya war-ham-humaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya:

Ya Tuhanku, Ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Sayangilah keduanya dengan kasih  sayang-Mu , Sebagaimana mereka telah menyayangiku semenjak saya masih kecil

Doa ini sudah biasa diajarkan, bahkan pada belum dewasa usia dini yang menjadi salah satu doa yang wajib dihapalkan sebagai amalan sehari-hari. Bagaimana seorang anak mendoakan kedua orang tuanya untuk diampuni  dosanya sama menyerupai halnya dirinya memohon pengampunan untuk dirinya sendiri. Dalam doa ini juga terdapat poin penting bagaimana pentingnya orang renta menawarkan kasih sayang kepada belum dewasa kita semenjak mereka kecil.

Bunyi Doa untuk Kedua Orang Tua 2

Selain Doa tersebut sanggup juga diajarkan Doa untuk kedua orang renta dari Surat Ibrahim ayat 41 berikut ini:

Robbanagh-firlii wa liwaa lidayyawa lilmu’miniina yawma yaquumul hisaab

Artinya:

Ya Tuhanku, Ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku, dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Pada Doa ini selain mendoakan kedua orang tua, anak kita juga diajarkan untuk mendoakan orang mukmin lainnya lantaran walaupun tidak semuanya ia kenal namun mereka yaitu saudara. Orang muslim yang satu dengan yang lain bersaudara sampai harus saling mendoakan. Dengan doa inilah salah satunya. Membuat anak kita tidak hanya berdoa untuk dirinya sendiri, untuk orang tuanya sendiri, tapi juga untuk umat muslim lainnya.

Bunyi Doa untuk Kedua Orang Tua 3

Bisa juga dengan Doa yang terdapat dalam Surat Nuh:28 berikut ini:

Rabbigh-firlii wa liwaa lidayya Wa liman dakhola baytiya mu’minan wa lil muk’miniina wal mu’minaati wa laa tazidizh zhoolimina illa tabaaro

Artinya:

Ya Tuhanku, Ampunilah dosaku dan dosa kedua orangtuaku. orang yang masuk ke rumahku dengan beriman  dan semua orang yang beriman pria dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.

Pada Doa ini selain memohonkan ampun untuk diri sendiri, kedua orang renta serta semua orang beriman yang pernah bekunjung ke rumahnya ataupun  yang tidak, juga mendoakan orang yang zalim. Mengajari doa ini kepada anak kita sembari mengajari mereka bagaimana kita sebagai orang muslim selalu mendoakan kebaikan untuk orang lain sekalipun orang tersebut telah berbuat zalim pada diri kita sendiri.

Pentingnya Doa untuk Kedua Orang Tua

Ada beberapa hal yang menciptakan ia untuk kedua orang renta ini menjadi penting. Inilah beberapa diantaranya:


  • Anak yang melantunkan doa untuk kedua orang renta ini termasuk anak yangshaleh dan shalehah. Doa mereka yaitu salah satu dari 3 amalan yang pahalanya tidak terputus walaupun kita sebagai orang renta mereka sudah meninggal dunia.

  • Amalan yang sanggup memutuskan rezeki seseorang kalau tidak diamalkan. Hal ini terdapat dalam salah satu hadist riwayat Al-Dailami.

  • Sebagai tanda bakti dan kasih sayang seorang anak kepada orang tua. Lantunan doa yang selalu dilantunkan belum dewasa kita yaitu salah satu bakti mereka untuk kita sebagai orang renta mereka. Pun dikala kita membacakan doa untuk kedua orang renta kita.

Sudahkah belum dewasa diajarkan Doa untuk kedua orang renta ini, Mak?



Belum ada Komentar untuk "Doa Untuk Kedua Orang Tua: Penting Untuk Diajarkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel