7 Langkah Cara Menuntaskan Problem Kehidupan


Pusing dengan problem yang bertubi-tubi? Memikirkan cara menuntaskan masalah tersebut tentu lebih memusingkan lagi ya, Mak? Jangan khawatir. Setiap makhluk yang bernyawa niscaya mempunyai masalahnya masing-masing. Jika Anda merasa tidak mempunyai problem apa pun, justru di sanalah letak problem Anda.




 tersebut tentu lebih memusingkan lagi ya 7 Langkah Cara Menyelesaikan Masalah Kehidupan
Kredit: thethoughtgardener.com

Langkah-Langkah Cara Menyelesaikan masalah


Mak, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menuntaskan problem Anda.

1.  Tetap Berpikir Positif

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mendapatkan sebuah problem ialah tetap berpikir positif. Tetaplah optimis bahwa Anda sanggup melalui dan menuntaskan problem ini.

Apakah dengan tetap berpikir nyata problem sanggup diatasi? Ya, tentu saja, Mak. Ingat, tubuh insan dirancang untuk bergerak mengikuti perintah otak. Ketika Anda yakin sanggup menuntaskan suatu problem maka hati, pikiran, emosi, dan tubuh Anda akan bekerja sama untuk bergerak menuntaskan problem tersebut.

Jika Anda sudah pesimis, berpikir bahwa problem ini terlalu berat dan mustahil diselesaikan, maka tubuh tidak akan kasar untuk menyelesaikannya. Ingat ya Mak, Allah menawarkan problem sesuai dengan kadar kemampuan seseorang. Jadi, setiap orang sanggup dipastikan akan bisa menghadapi dan menuntaskan masalahnya masing-masing.

Yakinlah selalu bahwa dibalik setiap kesulitan akan ada kemudahan. Allah mustahil membuat problem tanpa solusi. Hanya saja, terkadang kita perlu berusaha lebih keras lagi untuk menemukan penyelesaian dari permasalahan kita.

Karena sebenarnya setelah kesulitan itu ada kemudahan.

2.  Gunakan 80% Waktu Anda untuk Menyelesaikannya

Sangat manusiawi jikalau Anda merasa khawatir, sedih, dan terpuruk ketika problem tiba menghampiri. Namun, cukup gunakan 20% saja dari waktu Anda untuk hal tersebut. Setelah itu, segeralah berdiri untuk menyelesaikannya.

Ingat lho Mak, khawatir yang berlebihan akan sangat menguras tenaga Anda. Selain itu, bisa saja Anda jatuh sakit sebab stress. Oleh sebab itu, lebih baik energi Anda difokuskan untuk mencari jalan keluar dari problem tersebut.

3.  Partisi Permasalahan Menjadi Bagian-Bagian Kecil

Pekerjaan yang berat akan lebih gampang diselesaikan jikalau Anda menyelesaikannya sedikit demi sedikit. Pekerjaan tersebut tidak akan terasa berat lagi sebab Anda membagi beban berat tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih ringan.

Begitu pula dengan problem Anda. Memikirkan penyelesaian dari suatu problem yang besar secara sekaligus akan sangat memusingkan. Coba partisi permasalahan tersebut menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Kemudian, selesaikan satu per satu penggalan tersebut.

Misalnya, ketika Anda ingin mempunyai rumah, sementara kondisi keuangan tidak memungkinkan. Cobalah mempartisi problem ingin mempunyai rumah tersebut menjadi beberapa bagin. Mulai dari mempunyai tanah terlebih dahulu. Jadi, Anda hanya akan fokus mengumpulkan uang untuk membeli tanah terlebih dahulu. Jangan dulu pikirkan biaya untuk materi material, honor tukang bangunan, dan lain-lain.

4.  Selesaikan Masalah Tanpa Menimbulkan Masalah Baru

Usahakan untuk menuntaskan problem Anda tanpa menjadikan problem baru. Misalnya, ketika dilanda problem keuangan, jangan meminjam uang dari lintah darat. Selain akan merugikan, Anda pun mungkin akan terjerat utang yang tidak berkesudahan di kemudian hari.

5.  Minta Bantuan pada Pihak yang Tepat

Tidak ada salahnya meminta pinjaman pihak lain untuk menuntaskan problem yang sedang hadapi. Namun, berhati-hatilah memilih pihak yang akan Anda libatkan. Pilihlah pihak yang memang berkompeten untuk terlibat dalam problem Anda.

Misalnya, pada ketika Anda mengalami problem rumah tangga. Anda sanggup meminta pendapat dari orang lain untuk mencari penyelesaian. Namun, pastikan orang tersebut ialah orang yang sanggup mendapatkan amanah sehingga problem rumah tangga Anda tidak menyebar. Selain itu, sebaiknya pilihlah orang yang mumpuni dalam segi keilmuan. Dengan demikian, alternatif solusi yang beliau berikan memang pada porsinya.

6.  Banyak Berdoa

Banyaklah berdoa kepada Allah semoga diberi kekuatan dalam menghadi problem tersebut. Dengan berdoa, Anda akan merasa lebih bersahabat dengan Sang Pencipta. Dengan demikian, hati akan terasa lebih tenang. Anda pun akan merasa lebih ringan menjalani problem tersebut.

7.  Temukan Pelajaran dan Hikmah yang Tersembunyi

Di setiap problem yang menimpa kita, akan ada pelajaran ataupun pesan yang tersirat yang tersembunyi. Percayalah akan hal itu ya, Mak. Mungkin, kini Anda belum menemukan kebaikan dari problem yang sedang dihadapi. Tapi yakinlah, suatu ketika Anda akan menemukan kebaikan itu.

Itulah 7 langkah cara menuntaskan problem Anda. Hal yang terpenting ialah tetap berpikir positif. Jika Anda sudah optimis, akan selalu ada jalan untuk menyelesaikannya. Ingat Mak, setiap problem yang tiba merupakan proses pendewasaan diri kita. Bukankah untuk melihat indahnya pelangi, Anda perlu melewati hujan dan topan terlebih dahulu? Semoga bermanfaat.



 tersebut tentu lebih memusingkan lagi ya 7 Langkah Cara Menyelesaikan Masalah Kehidupan


Belum ada Komentar untuk "7 Langkah Cara Menuntaskan Problem Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel